Selasa, 08 November 2011

Master & Slave pada harddisk


Pada harddisk selalu  ada "Master & Slave" yang terkadang bila tidak tahua akan membuat kita bingung.
Sebenarnya pada dasarnya master dan slave sama saja, hanya saja yang membedakan adalah prioritas utama pembacaan data harddisk oleh bios. Jadi apabila anda memiliki dua harddisk, yang ke-1 harddisk anda berisi OS dan yang ke-2 berupa data, maka harddisk yang ke-1 jadikan master dan yang ke-2 jadikan slave.
Cara menyetting master dan slave pada harddisk dapat kita lakukan melalui pemasangan jumper, apabila harddisk anda bertipe ATA, sedangkan untuk harddisk SATA melalui pemasangan kable data conector SATA pada motherboard.
·         Cara Penyetingan Master dan Slave Pada Harddisk ATA
Pada HDD ATA dalam pengaturan Master dan Slave sangat mudah. Hanya dengan mengganti jumper pada HDDnya. Dan keterangan penempatan jumper itu pun selalu ada pada HDDnya. Misalnya seperti gambar disamping ini.
Ini adalah salah satu contoh penyetingan jumper pada HDD ATA untuk menentuka Master dan Slave.


·         Cara Penyetingan Master dan Slave Pada Harddisk SATA

Untuk pengaturan Master dan Slave pada HDD IDE/ATA sangat mudah dalakukan hanya dengan merubah jumper. Sedangkan berbeda dengan kakaknya yaitu SATA, terbilang agak sulit karena tidak ada keterangannya pada HHDnya. Namun sebenarnya lebih mudah SATA apabila kita lebih teliti dalam pemasangan kabel data conector  SATA tersebut.
Pada gambar disamping terlihat gambar port SATA pada motherboard. Dari gambar disamping dapat kita lihat terdapt perbedaan warna pada port SATA pada motherboard, dan perbedaan warna inilah yang membedakan antara Master dan Slave. Misalnya port yang berwarna hitam yaitu port 1 dan 2 adalah Master sedangkan port yang berwarna merah yaitu port 3 dan 4 yaitu slave. Keterangan ini tergantung pada tiap-tiap motherboard dan biasanya pada motherboardnya terdapat keterangan mana yang master dan yang slave.

5 komentar:

adams_gitz mengatakan...

Thx Bro, atas infonya........

Wikarso mengatakan...

Terima kasih gan. jazakallahu khair.

dani mengatakan...

punya saya mainboardnya cuma 3 slot kk, aku udah punya HD ATA trus mau aku tambahin HD SATA. tetapi dengan kondisi SATA saya jadiin master dan ATA menjadi slave. Apakah saya harus memasang jumper pada HD ATA? atau gimana caranya? mohon petunjuknya....

e-one 14 mengatakan...

@dani pakek mainboard apa ce?
biasanya si kalau mainboard dari awal uda ada slot SATAnya nanti itu harddisk SATAnya langsung jadi primary master. terus yang ATA jadi secondary slave kalau mau gag dikasih jumper

#maff balesnya lama

tekaje bersama mengatakan...

terima kasih ya ,, telah membantu presentasi saya :)

Poskan Komentar

 
;